ATM dengan Sistem Operasi Windows XP Berhasil Diretas dengan Menggunakan Pesan Singkat


ATM dengan Sistem Operasi Saat ini, sebagian besar ATM yang ada di dunia menggunakan sistem operasi Windows XP. Dengan kondisi tersebut, maka bank-bank di dunia hanya butuh waktu yang singkat untuk mengupgrade sistem operasi mesin-mesin itu. Terlebih meretas sebuah mesin ATM yang menggunakan OS Windows XP ternyata bisa dilakukan dengan bermodalkan pesan singkat.

mesin atm


Cara peretasan ATM menggunakan pesan singkat tersebut diungkapkan oleh salah satu pejabat Symantec Daniel Regalado. Dia mengatakan bahwa sebuah malware berbasiskan Backdoor.Ploutus telah digunakan untuk meretas mesin ATM dan mencuri uang di dalamnya dengan menggunakan cara tersebut. Kejadian tersebut pun diungkapkannya telah terjadi pada tahun kemarin.

Langkah peretasan ATM menggunakan pesan singkat tersebut memang terbilang cukup rumit. Namun tingkat kesuksesan peretasan menggunakan metode terbukti sangat tinggi. Hacker pun diharuskan untuk menghubungkan sebuah handphone via USB ke mesin ATM. Selanjutnya, dengan melakukan metode tethering para hacker bisa mengakses uang tunai di mesin tersebut sekaligus men-charge handphone.

Selanjutnya, hacker pun bisa memasukkan module malware secara otomatis ke ATM setelah handphone terhubung. Dengan begitu, maka hacker pun bisa dengan mudah menarik uang dari ATM secara ilegal.