Metode Pengolahan Citra

Beberapa metode didalam teknik pengolahan citra, yaitu :
  1. Black and white
  2. Grayscale
  3. Smart noise
  4. Negative
  5. Flip horizontal
  6. Flip vertical
  7. Restore image
  8. Edge detection
  9. Invert
  10. Blur
  11. Mask
  12. Histogram



Berikut adalah penjelasan dari metode Pengolahan Citra :
1.    Black and white
Black and white adalah sebuah citra pixel-pixel yang nilai intensitasnya di bawah 128 diubah menjadi hitam (nilai intensitas = 0), sedangkan pixel-pixel yang nilai intensitasnya di atas 128 diubah menjadi putih (nilai intensitas =1).  Black and white disebut juga citra biner.
2.    Grayscale
Grayscale adalah sebuah citra dimana terjadi perubahan derajat keabuan dengan membagi masing-masing nilai dari itensitas warna RGB kemudian dicari rata-ratanya.
3.    Smart noise
Smart noise adalah proses pembentukan bintik-bintik putih pada citra atau gambar.
4.    Negative
Negatif Image adalah suatu citra sepeti halnya meniru film  negatif pada fotografi dengan cara mengurangi nilai intensitas  pixel dari nilai keabuan maksimum. Misal citra dengan 256 derajat keabuan (8 bit), maka citra negatif diperoleh dengan persaman     
X = (R + G + B) / bilangan pembagi 
Y = 255 - X
5.    Flip Horizontal
Flip Horizontal adalah adalah pencerminan pada sumbu Y (cartesian) dari citra A menjadi citra B, yang diberikan oleh :
    B[x][y] = A[N-x][y]

6.    Flip Vertical
Flip Vertical adalah pencerminan pada sumbu X (cartesian) dari citra A menjadi citra B, yang diberikan oleh :
    B[x][y] = A[x][M-y]
7.    Restore image
Restore image adalah suatu proses pengembalian bentuk citra atau gambar sebelum dilakukan proses pengolahan citra atau bentuk awalnya.
8.    Edge detection
Deteksi tepi (Edge Detection) pada suatu citra adalah suatu proses yang menghasilkan tepi-tepi dari objek-objek gambar. Tujuan pendeteksian tepi adalah untuk meningkatkan penampakan garis batas suatu daerah atau objek di dalam citra.
9.    Invert
InvertImage adalah suatu gambar yang terjadi adanya proses invert pada gambar asli sehingga tampak seperti gambar negative pada suatu susunan warna RGB. Proses invert ini berbeda dengan ImageNegative.
10.    Blur
Blur Image adalah proses pengacakan pada suatu susunan  pixel-pixel warna RGB sehingga suatu gambar menjadi kabur untuk dilihat.
11.    Mask
ImageMask adalah suatu gambar yang terjadi adanya kerenggangan pixel-pixel  yang mewakili warna RGB yang didominasi sehingga warna RGB pada gambar menjadi renggang seperti halnya  kurang dari 128 bit  yang di dominasi warna-warna RGB tersebut.
12.    Histogram
Histogram citra adalah grafik yang menggambarkan penyebaran nilai-nilai intensitas pixel dari suatu citra atau bagian tertentu di dalam citra. Histogram juga dapat menunjukkan tanda kecerahan (brightness)  dan kontras (contrast) dari sebuah citra.