contoh laporan Kerja praktek BAB I

salam shodiq punya blogspot, kemarin admin mempostingkan tentang contoh diagram level 0 sekarang admin mempostingkan tentang  laporan Kerja praktek BAB I  dengan judul “Sistem Informasi Kepegawaian pada Kelurahan Pekan Tanjung Morawa 
contoh laporan Kerja praktek BAB I
BAB I
PENDAHULUAN





1.1 Latar Belakang Kerja Praktek
Peranan komputer saat ini sangat penting dalam kehidupan masyarakat modern. Teknologi yang berkembang sesuai tuntutan zaman diharapkan mampu menjadi sarana penunjang untuk menangani permasalahan yang timbul di perusahaan maupun di suatu instansi tertentu. Permasalahan tersebut dapat berupa pengelolaan data, pemrosesan data, penyimpanan data serta peyajian hasil berupa laporan yang nantinya mampu menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan terhadap penyelesaian masalah.
Penggunaan komputer tersebut di instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta terkadang belum maksimal, bahkan diantaranya masih ada yang awam menggunakan komputer. Hal ini semua tergantung dari kebutuhan maupun kemampuan dari sumber daya yang dimiliki perusahaan atau instansi tersebut. Banyak sisi dari komputer yang belum diketahui oleh perusahaan atau instansi seperti kemampuan komputer dalam merancang sistem yang terintegrasi dalam mengelola data dengan mempergunakan basis data atau database. Basis data sangat menentukan hasil laporan berupa informasi dari penyimpanan data yang disimpan dalam jumlah yang besar dan berkesinambungan.
Salah satu instansi pemerintahan yang belum mampu merancang dan memaksimalkan kemampuan komputer tersebut adalah Kelurahan Pekan Tanjung Morawa. Dimana pada instansi tersebut belum terdapat suatu sistem yang terintegrasi dengan menggunakan komputer. Penggunaan komputer hanya sebatas pada pembuatan surat-surat baik itu berupa surat izin atau surat keterangan saja. Khususnya mengenai masalah informasi data pegawai yang di dalamnya berisikan identitas diri. Data yang berhubungan dengan pegawai yang berupa identitas diri belum memiliki media penyimpanan yang tersistem dengan menggunakan 
 komputer. Dalam melakukan pendataan Pegawai-pegawainya masih dilakukan dengan cara mencatat s ecara manual. Pencatatan dengan cara manual ini masih memungkinkan terjadinya kesalahan, dan tentunya dengan pencatatan secara manual ini akan memakan waktu yang lebih lama, sehingga akan menyebabkan kerugian baik bagi pegawai maupun bagi biro kepegawaian itu sendiri.
Berdasarkan uraian yang telah di uraikan diatas maka penulis memiliki ketertarikan untuk membuat penelitian ini dengan judul “Sistem Informasi Kepegawaian pada Kelurahan Pekan Tanjung Morawa ”.

1.2 Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yang dibahas dalam kerja praktek ini adalah:
1. Bagaimana penerapan sistem informasi kepegawaian pada Kelurahan Pekan Tanjung Morawa.
2. Bagaimana mengetahui suatu kelemahan informasi kepegawaian pada Kelurahan Pekan Tanjung Morawa.

1.3 Tujuan Dan Manfaat Kerja Praktek
1.3.1 Tujuan 
Adapun tujuan penelitian yang di lakukan oleh penulis adalah sebagai berikut:
1. Untuk menerapkan sistem informasi kepegawaian pada Kelurahan Pekan Tanjung Morawa.
2. Mempelajari kelemahan – kelemahan sistem informasi kepegawaian yang sudah berjalan pada Kelurahan Pekan Tanjung Morawa.

1.3.2  Manfaat
Manfaat  dari Kerja Praktek ini adalah:
1. Untuk mempermudah kinerja pegawai dalam menangani proses pendataan data pegawai.
2. Mengurangi tingkat kesalahan dalam membuat laporan data pegawai.

1.4 Ruang Lingkup Pembahasan
Sehubungan dengan keterbatasan waktu dan kemampuan,maka penulis membuat ruang lingkup permasalahan yang di bahas pada laporan kerja praktek ini hanya meliputi sistem kepegawaian dan menganalisa sistem yang sedang berjalan. Dalam penulisan laporan kerja praktek ini ada beberapa batasan permasalahan yang dibahas yaitu sebagai berikut:
1. Penulis hanya membahas masalah sistem kepegawaian pada Kelurahan Pekan Tanjung Morawa.
2. Pembahasan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic.Net 2008.
3. Menggunakan database MYSQL.

1.5 Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah menganalisa hubungan keadaan data dan melakukan pengumpulan data dengan metode :
1. Studi Lapangan (field search)
Studi lapangan (field search) terdiri dari dua cara yaitu :
a. Wawancara (interview)
Penulis melakukan wawancara kepada Pembimbing Kerja Praktek dan staf pegawai untuk mendapatkan keakuratan dan kebenaran data.
b. Pengamatan (observation)
Untuk meninjau secara langsung di lapangan, maka penulis melakukan pengamatan bagaimana pelaksanaan sistem yang ditinjau dari segi yang dianggap penting.
2. Studi Kepustakaan (Library Research)
Jenis metode studi yang dilakukan dengan mengumpulkan data yang ada hubungannya dengan kerja praktek yang bersifat teoritis dengan cara membaca buku-buku di perpustakaan Kampus STMIK BUDIDARMA, bahan kuliah, serta tulisan lainnya yang berhubungan erat dengan studi.

1.6 Sistematika Penulisan
           Dalam penulisan Laporan Kerja Praktek ini, penulis membaginya menjadi 5 bab yang terdiri dari :
BAB I :    PENDAHULUAN
                    Pada bab ini di uraikan tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat,                       ruang lingkup pembahasan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II :    GAMBARAN UMUM KELURAHAN
            Bab ini merupakan uraian singkat perusahaan, yang berisi sejarah singkat perusahaan,                          struktur organisasi perusahaan, hak dan wewenang dan lokasi perusahaan.
BAB III :   LANDASAN TEORI
                   Pada bab ini menjelaskan tentang uraian teoritis yang dimulai dengan sistem, informasi,                       sistem informasi, dan keterangan kerja praktek.
BAB IV :   ANALISA DAN PEMBAHASAN
                    Pada bab ini berisikan tentang sistem yang  sedang berjalan, fungsi dan kegunaan sistem.
BAB V :   KESIMPULAN DAN SARAN
                   Bab ini merupakan penutup dari Laporan Kerja Praktek  yang terdiri atas Kesimpulan dan                    Saran-saran dari penulis.