Skripsi tentang Sistem Informasi



 Sistem Informasi 
penjualan retail pada toko sinar jaya 
Riau,Indonesia
Disusun Oleh:
Muhammad Shodiq
12110152




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
MEDAN
BAB I
PENDAHULUAN


I.1.                          Latar Belakang Masalah
            Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, dimana kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional akan semakin diperlukan oleh perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Tidak lepas dari perkembangan teknologi tersebut maka dibutuhkan sarana pendukung yang sempurna yaitu komputer. Komputer adalah salah satu sarana terpenting bagi perusahaan dimana kita dapat mengolah dan mengakses data yang diperlukan dengan cepat dan tepat sehingga dapat memanfaatkan waktu yang tersisa dengan kegiatan-kegiatan yang lain.
            Dengan di sediakannya berbagai fasilitas yang dimiliki oleh komputer, maka tidak diragukan lagi bahwa setiap pimpinan menginginkan perusahaannya dilengkapi dengan komputer beserta program aplikasi yang sesuai dengan bidang usaha pada perusahaan tersebut. Program aplikasi ini akan semakin mempermudah dan mempercepat kinerja perusahaan dalam proses transaksi usaha sehari-hari.
            Permasalahan pada Toko Bunafit Yogyakarta adalah belum menggunakan program aplikasi berbasis komputer. Hal inilah yang menghambat proses transaksi barang sehari-hari. Dengan keadaan inilah yang mendorong Penulis untuk mengadakan penelitian serta membuat sistem aplikasi untuk mempermudah semua proses penyimpanan data dan transaksi barang.
            Untuk itu dalam penyusunan tugas akhir ini, penulis mengambil judul “SISTEM INFORMASI PENJUALAN RETAIL PADA TOKO SINAR JAYA Riau,INDONESIA”. Sistem komputerisasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan-kemudahan dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.
I.2.       Batasan Masalah
Sistem kerja di Toko Bunafit Yogyakarta masih diselesaikan secara manual, karena terlalu kompleknya permasalahan yang ada, maka dalam sistem komputerisasi ini dibatasi pada masalah pengolahan data pengguna, pengolahan data pelanggan, pengolahan data pemasok, pengolahan data golongan, pengolahan data jenis produk, pengolahan data produk, pengolahan data barang, proses transaksi pembelian barang, dan proses transaksi penjualan retail.
Dari permasalah yang dibahas, maka akan dapat dihasilkan suatu informasi sebagai berikut:
  1. Laporan Seluruh Pengguna
  2. Laporan Seluruh Pemasok
  3. Laporan Seluruh Pelanggan
  4. Laporan Seluruh Golongan
  5. Laporan Seluruh Jenis Produk
  6. Laporan Seluruh Produk Barang
  7. Laporan Seluruh Barang
  8. Laporan Barang Per-Jenis
  9. Laporan Seluruh Pembelian
  10. Laporan Pembelian Per-Nota
  11. Laporan Pembelian Per-Periode
  12. Laporan Penjualan Per-Nota
  13. Laporan Penjualan Per-Tanggal Transaksi
  14. Laporan Penjualan Per-Periode
  15. Laporan Penjualan Harian
  16. Laporan Penjualan Mingguan
  17. Laporan Penjualan Bulanan
I.3.       Tujuan
            Tujuan pembuatan program Aplikasi Kasir Penjualan Retail pada Toko Bunafit adalah untuk memudahkan pekerjaan dalam mengolah data yang semuanya masih menggunakan sistem manual. Selain itu, dengan adanya metode komputerisasi, proses pengolahan data dan transaksi barang juga dapat dilakukan dengan akurat, efektif, dan efisien.
I.4.    Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data yang akan dipakai sebagai pendukung penyusunan karya tulis ini adalah :
a      Metode Interview
            Adalah pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan dan wawancara langsung dengan Pemilik, serta karyawan lain yang mengurusi masalah Penjualan Retail pada Toko Bunafit Yogyakarta.
b      Metode Observasi
Adalah metode pengumpulan data dengan cara mengamati dan mepelajari tentang metode pelayanan yang diterapkan di Toko Sinar jaya Riau.           
c      Metode Dokumentasi
Adalah metode pengumpulan data dengan cara melihat catatan atau arsip-arsip yang diijinkan yang berhubungan dengan produk Toko Sinar jaya Riau.
d      Metode Kepustakaan
            Metode kepustakaan ini mengacu pada buku-buku pedoman yang dibutuhkan sebagai tambahan referensi peneliti, baik yang ada diperpustakaan ataupun pada literature-literatur lain.
I.5.       Sistematika Penulisan
Dalam penyususan karya tulis ini diharapkan dapat memperoleh suatu penyelesaian dan pembahasan permasalahan secara terinci dan sistematis. Oleh karena itu, dalam penulisannya digunakan sistematika sebagai berikut:
BAB I       PENDAHULUAN
Membahas mengenai Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan, Metode Pengumpulan Data, dan Sistematika Penulisan.
BAB II      LANDASAN TEORI
Membahas mengenai Tinjauan Umum dari Sinar jaya Riau, Sistem Operasi Windows, Bahasa Pemrograman yang dipakai, dan Konsep Perancangan Basis Data.
BAB III     PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini dijelaskan tentang Sistem Pendukung, Sistem Perangkat Keras, Sistem Perangkat Lunak, Diagram Arus Data, Perancangan Tabel, Bagan Alir Sistem, Diagram E-R, Penjelasan Sistem, Perancangan Masukan dan Keluaran.
BAB IV    IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini membahas mengenai Implementasi dan pembahasan program aplikasi yaang telah disusun.
BAB V     PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran-saran dari pembuatan karya tulis.

0 Response to "Skripsi tentang Sistem Informasi"

Post a Comment