Program sederhana listview dengan menggunakan vb.net 2008

Teman - teman saya akanmempostingkan lagi program VB.NET 2008 tentang listview....


gambar diatas : Program sederhana listview dengan menggunakan vb.net 2008
listview digunakan sebagai menampilkan data dalam bentuk tabel yang mempunyai baris dan kolom.
dibawah ini merupakan design listview sederhana.


Public Class Form1
    Sub buatTabel()
        ListView1.Columns.Add("NPM", 80, HorizontalAlignment.Center)
        ListView1.Columns.Add("NAMA", 180, HorizontalAlignment.Center)
        ListView1.Columns.Add("KELAS", 80, HorizontalAlignment.Center)
        ListView1.Columns.Add("MATA KULIAH", 180, HorizontalAlignment.Center)
        ListView1.View = View.Details
        ListView1.GridLines = True
        ListView1.FullRowSelect = True
    End Sub
    Sub isitable()
        Dim lst As New ListViewItem
        lst.Text = NPM.Text
        lst.SubItems.Add(NAMA.Text)
        lst.SubItems.Add(KELAS.Text)
        lst.SubItems.Add(MATA_KULIAH.Text)
        ListView1.Items.Add(lst)
    End Sub
    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        buatTabel()
    End Sub

    Private Sub SIMPAN_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles SIMPAN.Click
        isitable()
        NPM.Text = ""
        NAMA.Text = ""
    End Sub

    Private Sub HAPUS_DATA_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles HAPUS_DATA.Click
        ListView1.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub HAPUS_PILIH_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles HAPUS_PILIH.Click
        ListView1.Items.Remove(ListView1.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub KELUAR_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles KELUAR.Click
        End
    End Sub
End Class

ne hasil dari listing program diatas...............




















SEMOGA BERMANFAAT 
:)

0 Response to "Program sederhana listview dengan menggunakan vb.net 2008"

Post a Comment