sejarah Perkembangan C atau C++ hingga sekarang

Sejarah Perkembangan C atau C++

Bahasa C atau C++ merupakan pengembangan dari bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun  1970. Program C pertama kali ditulis oleh Brian W. Kernighan dan Denies M. Ricthie pada tahun 1972 yang pada awalnya dioperasikan diatas sistem operasi UNIX. Bahasa C adalah bahasa pemograman tingkat menengah yaitu diantara bahasa tingkat rendah dan tinkat tinggi yang biasa disebut Assambly.

Bahasa C mempunyai banyak kemampuan yang sering digunakan diantaranya kemampuan untuk membuat perangkat lunak, misalnya Word Star, dBASE dan lain-lain. Pada tahun 1980 seorang ahli yang bernama Bjarne Stroustrup mengembangkan beberapa hal dari bahasa C yang dinamakan "C with Classes" yang berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++.

Sebagian besar bahasa pemograman digolongkan sebagai bahasa tingkat tinggi, namun hanya bahasa C atau C++ yang digolongkan dengan bahasa tingkat menengah dan Assambly.

Yang membedakan antara bahasa C atau C++ adalah pada library input-outputnya dimana bahasa C hanya menggunakan fungsi stdio, sedangkan C++ menggunakan fungsi stdio dan iostream. Dapat diartikan juga bahasa C++ adalah bahasa C yang telah disempurnakan, sehingga seseorang yang menguasai bahasa C++, otomatis dia juga mengerti bahasa C.