makalah SQL

LAPORAN PRAKTIKUM 1 SQL


BAB 1
PENDAHULUAN


*      Latar Belakang
SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional, saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya. Sehingga wajib kiranya bagi para mahasiswa jurusan Sistem Informatika untuk menguasainya.
*      Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan diharapkan menambah minat para mahasiswa dalam mempelajari pemrograman basis data.
*      Soal/Permasalahan
             1. Bagaimana mengintegrasikan primary database dengan standby database.
             2. Bagaimana cara masuk ke SQL* plus menggunakan command prompt
             3.Bagaimana melakukan pengecekan database terhadap database
             4.Bagaimana menggunakan SQL*plus

BAB II
                                             LANDASAN TEORI
Ø  Definisi Sistem
Ada beberapa pendapat yang menjelaskan definisi sistem, yaitu :
1.      Menurut (wiki, 2008) “Pengertian sistem diambil dari asal mula sistem yangberasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) yang memiliki pengertian bahwa sutatu sistem merupakan suatu kesatuan yang didalamnya terdiri dari komponen atau elemen yang berhubungan satu dengan yang lainnya, yang berfungsi untuk memudahkan aliran informasi,materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi.
Ø  DEFINISI SQL
  SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, merupakan bahasa komputer standar ANSI(American National Standards Institutes) dengan SQL kita dapat mengakses database,menjalankan query untuk mengambil data dari database, menambahkan data ke database, menghapus data didalam database, dan mengupdate data didalam database.suatu sistem”.
SQL*Plus adalah sebuah interface berbasis browser untuk sebuah database. SQL*Plus adalah sebuah komponen dari produk SQL*Plus. iSQL*Plus memiliki proses listener server-side yang harus dinyalakan sebelum anda dapat terkoneksi dengan sebuah browser.
BAB III 
PEMBAHASAN SQL

Oracle SQL*Plus hampir sama dengan SQL Query Analyzer pada SQL Server, bahasanya pun tidak jauh berbeda dengan SQL Server, hanya perbedaannya di sini yaitu untuk masuk ke Oracle SQL*Plus kita harus mengkoneksikan dengan servernya dengan cara mamasukan username dan password, kalau SQL Query analyzer tidak perlu login terlebih dahulu.
pada pembahasan sebelumnya tentang Installasi Oracle 10g, kita memasukan password, password tersebut digunakan untuk login ke Oracle SQL*Plus.
langsung saja…

1. Secara default pada saat melakukan instalasi oracle akan dibuatkan satu database global. Oracle mengartikan database sebagai global database yang didalamnya terdapat banyak schema/user dan didalamnya terdapat banyak object database. 
2. Jalankan Oracle caranya : All program Oracle - OraDb10g_home1
Application Development SQL Plus
3. Masukkan User Name = “system” dan Password=…….
 





        


Kita juga bisa masuk ke sql plus menggunakan command prompt seperti gambar berikut:


4. Melakukan pengecekan terhadap database anda dengan perintah berikut: 
 
5. Melakukan pengecekan ada berapa user atau schema dalam database, caranya:
6. Untuk mengetahui kita berada di schema mana maka ketikkan: 
 
 7. Secara default user Scott belum bisa digunakan karena masih di-lock. Apabila ingin menggunakan user tersebut maka buka lock user tersebut dengan cara:



 8. Ganti password user scott menjadi oracle dengan cara:

 
 9. Berpindah dari user system ke user scott caranya :

10. Atau bisa juga dengan mengisikan username dan password sebagai berikut :    
 
11. Lakukan pengecekan di schema scott untuk mengetahui object database yang ada didalamnya, caranya :

 


 12. Untuk menampilkan isi buffer sql*plus atau menampilkan perintah yang terakhir diketik dan cara menjalankannya gunakan syntak berikut

 
13. Untuk menyimpan perintah yang ada di buffer menjadi file script dan menamainya dengan latihan_oracle.sql gunakan perintah berikut :

 
 14. Untuk mengetahui default penyimpanan ketik perintah berikut untuk memanggil MS Dos Prompt:
 
 
 Ini berarti file latihan_oracle.sql disimpan di E:\oracle\product\10.2.0\BIN> kemudian ketik exit untuk kembali ke sql*plus. Apabila proses penyimpanan akan ditujukan pada satu folder tertentu maka ketikkan tempat penyimpanan yang dimaksud missal akan disimpan ke folder f:\amikom maka tuliskan perintah berikut;
 Untuk memuat file script tersebut ke buffer sql ketikkan perintah berikut:
 


Apabila ingin langsung menjalankan file script tersebut gunakan perintah perintah berikut:





atau juga dapat menggunakan perintah berikut :

 Kemudian untuk menghilangkan perintah dari buffer membersihkan buffer dari perintah gunakan syntak berikut:

                                                                                                 Untuk mengedit kita bisa mengetikkan edit.
  15. Apabila kita akan membuat suatu aplikasi dan kita membutuhkan suatu database maka yang kita lakukan adalah membuat user/schema karena didalam oracle sebenarnya telah terdapat database global yang didalamnya menckup banyak user/schema. Untuk memulai objek database pada suatu schema tertentu maka yang kita lakukan pertama kali adalah membuat user/schema.

 




 16. Akhiri koneksi dari database dengan perintah disconnect. Dengan perintah tersebut, utility SQL plus tetap berjalan tetapi koneksi ke database terputus. Sedangkan untuk mengakiri atau keluar dari SQL plus gunakan perintah exit.
BAB IV
PENUTUP 
  • KESIMPULAN
Kesimpulan dari laporan diatas adalah
1.bahwa untuk masuk ke oracle SQL*plus kita harus mengkoneksikan dengan servernya dengan cara memasukan username dan password.
2.untuk masuk ke SQL*Plus dapat juga melalui command prompt.
  • DAFTAR PUSTAKA
1.diligip.petra.ac.id
2.akademik.trunojoyo.ac.id 
3.www.sribd.com 
4.id.wikipedia.org 
5.bangsalaksana.blogspot.com 
6.taufik's.blogspot.com